Pemakaian Antarmuka (User Interface)

pemdas

Memasuki semester kedua mata pelajaran pemrograman dasar. berikut ini adalah bahan materi yang akan dipelajari.

A. Pengertian Antarmuka 

Antarmuka (interface) adalah salah satu layanan yang digunakan untuk sarana interaksi antara pengguna dengan sistem komputer. atau secara sederhana, antarmuka dapat diartikan sebuah tampilan yang digunakan untuk menghubungkan pengguna (user) dengan sistem komputer.

Antarmuka dibagai menjadi dua jenis, yaitu GUI dan CLI.

GUI = Graphical User Interface

CLI = Command Line Interface

 B. Jenis-jenis Antarmuka

1. Graphical User Interface (GUI)

GUI adalah sebuah tampilan antarmuka (interface) dalam bentuk ikon, gambar, ikon, kursor. GUI terlihat lebih modern dan menarik dibandingkan CLI. GUI memungkinkan pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan sistem atau program tanpa harus menghapal perintah-perintah seperti CLI.

Contoh GUI adalah sebagai berikut

gui macos

gui ubuntu

gui windows 10

Diatas merupakan tampilan sistem operasi yang menggunakan GUI. Dari atas kebawah adalah tampilan dari sistem operasi MacOS, Ubuntu Linux dan Windows 10.

2. Command Line Interface (CLI)

CLI adalah jenis tampilan sistem operasi atau program dalam bentuk teks. User berkomunikasi dengan sistem komputer melalui terminal dengan mengetikkan perintah-perintah tertentu. CLI dapat ditemukan pada beberapa sistem operasi dengan nama berbeda, misalnya bash atau shell pada sistem operasi berbasis UNIX (Linux, Machintos dan Android) dan MS-DOS atau command prompt pada sistem operasi Windows.
Contoh CLI :



Diatas adalah contoh CLI. dari atas kebawah adalah command prompt yang ada di windows, dan dibawahnya yaitu terminal (bash/shell) yang ada di linux.

Note :
CLI sampai sekarang masih digunakan khususnya di bidang jaringan komputer. Pernah mendengar perintah ping ? perintah ini biasa digunakan untuk mengecek terhubung atau tidaknya komputer kita ke sebuah jaringan baik itu ke internet maupun lokal. Perintah ping ini di digunakan dalam mode/tampilan CLI (Command Line Interface).

Kesimpulan : Jadi perbedaan mendasar antara GUI dan CLI adalah tampilannya. GUI berbasis grafis sedangkan CLI berbasis teks.

3. Tujuan Antarmuka

Antarmuka pengguna dibuat dengan tujuan sebagai berikut :
a. Membuat tampilan program menjadi sederhana dan lebih menarik.
b. Mengurangi kesalahan pada saat input data ke sistem.
c. Efisiensi waktu dalam pengolahan data.
d. Memudahkan pencarian data yang dihasilkan oleh suatu program.
d. Memudahkan user mengerti dalam menjalankan sistem.

Misal jika kita diminta untuk membuat atau mengembangkan suatu sistem atau aplikasi maka berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat antarmuka pengguna (User Interface ).
  1. Mengumpulkan beberapa data dan informasi yang dibutuhkan oleh sistem untuk mencapai tujuan project dan kebutuhan pengguna. 
  2. Menganalisis data dan informasi pengguna melalui diskusi dengan beberapa orang agar pengguna sistem dapat mudah memahami antarmuka aplikasi tersebut.
  3. Mengembangkan proses atau alur informasi dan data dari sistem menggunakan flowchart (diagram alir sistem).
  4. Mengembangkan wireframe dalam bentuk kertas ataupun prototipe layar sederhana.
  5. Menguji prototipe pada teknik pengguna.
  6. Membuat tampilan yang sederhana dan memudahkan pengguna untuk menjalankannya.

B. Perangkat Lunak Pembuat Antarmuka Aplikasi

Berkembangnya sistem operasi komputer berbasis GUI seperti Windows, Linux, MacOS maka bahasa pemrograman yang mendukung pembuatan aplikasi berbasis GUI pun mengalami banyak kemajuan.

Saat ini banyak sekali perangkat lunak pemrograman berupa IDE (Integrated Development Environment) untuk membuat aplikasi berbasis GUI atau membuat antarmuka pengguna berbasis grafis. 

Perangkat lunak yang popular digunakan antara lain (IDE) :
1. Microsoft Visual Studio
2. Netbeans
3. Lazarus
4. Delphi
5. Gambas
6. Code::Blocks
7. MonoDevelop

Note : Pada semester kedua ini harusnya kita menggunakan Microsoft Visual Basic atau populer disebut dengan nama VB tetapi karena harus menggunakan perangkat pc/laptop maka praktik akan dialihkan ke HTML yaitu bahasa yang digunakan untuk membuat website.
Bahasa HTML ini bisa dipakai untuk membuat aplikasi dengan antarmuka berbasis grafis (GUI).

Lalu apakah perbedaan antara VB dengan HTML ?

VB digunakan untuk membuat aplikasi GUI yang digunakan untuk aplikasi desktop sedangkan HTML digunakan untuk membuat aplikasi website. 

Lalu bedanya apa antara di desktop dengan website ?

Bedanya adalah jika di desktop kita tidak perlu aplikasi tambahan untuk menjalankannya. biasanya aplikasi ini mempunyai extensi file .exe
sedangkan jika di website maka perlu aplikasi tambahan untuk menjalankannya yaitu sebuah browser internet seperti google chrome, mozilla firefox dan browser lainnya.
file yang dijalankan biasanya mempunyai extensi file .html atau .php 

Informasi tambahan : tanda . (titik) biasa dibaca dengan sebutan dot.
misal file index.hml bisa dibaca index dot html
atau
google.com bisa dibaca google dot com
atau
facebook.com bisa dibaca facebook dot com

Untuk belajar bahasa HTML lewat perangkat android, cukup install aplikasi TREBEDIT. bisa didownload di playstore. aplikasi ini dapat dijalankan dalam kondisi offline.

Tampilan aplikasi VB


tampilan vb


Tampilan aplikasi TrebEdit


apk trebedit


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Mikrokomputer dan Mikroprosesor