Mengenal Mikrokomputer dan Mikroprosesor

A. Pengelompokan Sistem Komputer


Berdasarkan skala dan kemampuannya, sistem komputer dikelompokkan menjadi 3 tipe atau jenis yaitu :
  1. Mikrokomputer
  2. Midrange System
  3. Mainframe
Diantara 3 tipe tersebut, mikrokomputer merupakan tipe komputer dengan skala paling rendah baik dalam ukuran maupun kemampuan. Meskipun demikian mikrokomputer dapat diandalkan terutama untuk skala pribadi/perorangan.

Mikrokomputer dapat berupa laptop, komputer desktop, PDA (Personal Digital Assistant). Mikrokomputer sering disebut sebagai komputer pribadi atau PC(Personal Computer).
mikrokomputer


Bagaimana dengan midrange system ?

Midrage system merupakan sistem komputer dengan kemampuan menengah. Sistem ini digunakan antar lain dalam server web, server jaringan, minikomputer dan sistem multiuser

Bagaimana dengan mainframe ?

Mainframe merupakan sistem komputer dengan kemampuan pengelolaan data yang sangat besar dan sering dipakai di perusahaan besar, seperti super server dan super komputer. diantara 3 jenis tipe diatas jenis ini merupakan tipe dengan skala tertinggi baik kemampuan maupun ukuran.

mainframe komputer



B. Mikroprosesor dalam Sistem Komputer

Bagi sistem mikrokomputer, CPU adalah otak. gabungan unit ALU (unit aritmatika logika) dan CU (unit kontrol) ini bertugas mengatur kinerja sistem komputer secara keseluruhan. dalam sistem mikrokomputer modern, fungsi CPU itu dilakukan oleh mikroprosesor. Mikroprosesor adalah rangkaian chip IC yang terdiri atas jutaan transistor.  Contoh mikroprosesor adalah 8085, 8086 dan 80486 (produk intel corporation). Berikut ini adalah gambar dari mikroprosesor generasi lawas dan terbaru, dari gambar kita dapat mengetahui bahwa mikroprosesor generasi lawas berbentuk persegi panjang, sedangkan mikroprosesor generasi baru berbentuk persegi.

perkembangan mikroprosesor


Berikut contoh gambar prosesor intel 8086 (generasi lawas tahun 1979)

intel 8086


Berikut contoh gambar prosesor intel generasi terbaru

intel core i9


C. Komponen Pendukung Sistem Mikrokomputer

Komponen-komponen pendukung sistem mikrokomputer meliputi :
  1. ALU (Arithmetic Logic Unit)
  2. CU (Control Unit)
  3. MU (Memory Unit)
  4. IU dan OU (Input Unit dan Output Unit)

Tambahan
  • Unit memori ada 2 jenis yaitu memori printer dan memori sekunder. Memori primer digunakan sebagai media penyimpanan informasi untuk keperluan pemrosesan oleh CPU. Memori primer bersifat volatile artinya data di dalamnya akan hilang jika catu daya diputus. Memori sekunder digunakan untuk menyimpan data yang tidak sedang diproses oleh CPU. Memori sekunder bersifat nonvolatile artinya data didalamnya akan tetap aman tersimpan meski catu daya diputus.
  • Bus dalam sistem komputer adalah sekumpulan kabel yang digunakan untuk mentransimisikan sinyal secara paralel. Ada 3 jenis yaitu bus alamat, bus data dan bus kontrol / address bus, data bus dan control bus.

Comments